Contoh Alat Kesehatan Dengan Fungsi Diagnostic

Alat Kesehatan mengandung pengertian yaitu sebuah instrument, apparatus, mesin, implant yang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk mencegah dan mendiagnosa penyakit, merawt dan menyembuhkan orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia dan untuk membentuk struktur dan jaringan tubuh. Berdasarkan fungsinya sebagai alat diagnostic, ada beberapa macam alat kesehatan yang termasuk didalamnya yang sekarang akan kita bahas sesaat lagi.

alat kesehatan diagnostic

Inilah contoh alat – alat kesehatan yang memiliki fungsi diagnostic.

1 – Hematology Analyzer

Kata Hematology sangat erat kaitannya dengan darah, fungsi alat ini adalah untuk menganalis dan menghitung jumlah sel –sel darah pada manusia seperti sel trombosit, leukosit, hemohlobin dan lain sebagainya. Dari sini kita bisa simpulkan, hematology analyzer merupakan alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat diagnostic, karena dari sini dokter akan memberikan analisa klins terkait ada tidaknya penyakit yang diderita pasien yang berhubungan dengan darah.

2 – Spiromter

Alat Kesehatan lainnya yang juga termasuk alat kesehatan diagnostic yaitu spirometer. Apa itu spirometer ? Spirometer merupakan alat medis yang berfungsi untuk mendiagnosa ada tidaknya gangguan pada paru – paru pasien. Pasien diminta untuk menipupkan udara secara kuat ke dalam alat tersebut, dari manuver tersebut diperoleh grafik dan prosentase data – data yang akan dianalisa dan disimpulkan oleh dokter terkait penyakit yang dialami pasien. Harga jual Spirometer yang masih cukup tinggi membuat biaya pemeriksaan spirometer juga lumayan mahal.

3 – Audiometer

Sama seperti alat lain yang sudah kita bahas, Audiometer juga memiliki fungsi sebagai alat diagnostic. Alat ini berfugnsi untuk menganalisa respon telinga manusia dalam rentang frekuensi dan intensitas tertentu yang menghasilkan data berupa audiogram. Data tersebut digunakan untuk menyimpulkan ada dan tidaknya gangguan pendengaran yang dilami oleh pasien.

Mungkin tiga contoh itu saja sudah bisa mewakili alat – alat kesehatan lain yang juga berfungsi sebagai alat diagnostic. Informasi untuk anda yang sedang mencari alat – alat diagnostic untuk kebutuhan rumah sakit atau klinik. Anda bisa melihat pilihan produknya di toko alat kesehatan dan juga distributor resmi di website www.gloryamedica.com