Internet Marketing dengan Newsletter

Salah satu strategi pemasaran Internet yang sangat populer adalah mempublikasikan dan mendistribusikan e-newsletter secara teratur. E-buletin pada dasarnya adalah email yang mungkin berisi konten, grafik, tautan dan bentuk iklan yang tak nampak. Secara umum, buletin elektronik / newslater harus informatif dan bermanfaat bagi penerimanya namun juga harus melayani beberapa jenis tujuan pemasaran juga. Artikel ini akan memeriksa Newsletter dan menjelaskan bagaimana penggunaannya secara efektif sebagai strategi pemasaran.

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat mencoba menggunakan e-newsletter sebagai strategi pemasaran adalah daftar distribusi untuk Newsletter. Ini sangat penting karena Anda ingin memastikan bahwa Anda mendistribusikan Newsletter Anda kepada penerima yang akan tertarik dengan produk dan layanan Anda dan kemungkinan akan menganggap e-newsletter itu bermanfaat daripada melihatnya sebagai spam. Menggunakan taktik tipuan untuk mengumpulkan alamat email dan mengirimkan buletin elektronik Anda secara membabi buta kepada khalayak yang besar bukanlah strategi pemasaran yang baik. Strategi ini tidak bermanfaat karena beberapa alasan. Yang paling penting, jenis strategi ini tidak membantu Anda menjangkau audiens target Anda. Anda dapat menjangkau beberapa anggota audiens target Anda secara tidak sengaja namun tidak mungkin menjangkau populasi besar dari khalayak yang dituju ini.

Selain itu, mengirim e-newsletter Anda yang tidak diminta ke khalayak yang besar tanpa minat pada produk dan layanan Anda kemungkinan akan mengakibatkan newsletter elektronik Anda dipandang sebagai spam. Hal ini dapat memiliki konsekuensi yang lebih serius daripada hanya usaha sia-sia. Secara khusus, penerima e-newsletter Anda dapat memblokir alamat email Anda atau bahkan melaporkan Anda ke penyedia layanan Internet mereka sebagai spammer. Hal ini dapat menimbulkan konsekuensi yang merusak seperti kehilangan bisnis atau bahkan hukuman yang lebih berat.

Cara yang lebih baik untuk membuat daftar distribusi buletin e-mail Anda adalah dengan membuat forum bagi calon pelanggan potensial untuk mendaftar untuk menerima informasi tambahan dari Anda. Ini bisa termasuk mendaftarkan diri ke situs web Anda secara online dan meminta untuk ditambahkan ke daftar distribusi email Anda atau memberikan alamat email dan meminta informasi tambahan dengan cara lain. Mengirim e-newsletter Anda kepada penerima yang secara khusus meminta lebih banyak informasi adalah ide bagus karena pengguna internet ini sudah tertarik dengan produk Anda dan cenderung menghargai buletin elektronik daripada melihatnya sebagai spam.

Isi e-newsletter Anda harus dipertimbangkan selanjutnya. Ini termasuk salinan sebenarnya yang terdapat dalam e-newsletter serta grafik, tautan dan iklan. Menjaga iklan langsung seminimal mungkin sangat ideal namun dapat diterima untuk menggunakan teknik periklanan lunak untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Salinan di e-newsletter Anda harus memiliki informasi mendalam yang akan berguna bagi pembaca Anda. Anda mungkin ingin memasukkan artikel yang obyektif, ulasan produk atau artikel pendek yang berisi tips yang berguna. Tautan ke situs web Anda sendiri atau ke situs web lain yang mungkin berguna bagi audiens target Anda juga dapat disertakan. Tautan ini mungkin datang dalam bentuk iklan langsung atau tautannya mungkin disematkan di salinan buletin elektronik bila sesuai.

Jika Anda berencana untuk menggunakan e-newsletter untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk menyewa seorang penulis berpengalaman untuk membuat konten untuk situs web Anda. Ini akan membantu memastikan Anda memberi pembaca konten berkualitas terbaik. Demikian juga jika Anda ingin menyertakan grafis, Anda harus memiliki perancang grafis membantu memastikan agar e-newsletter Anda terlihat profesional.