Mengenal Beberapa Macam Alat Kesehatan Elektromedik

Ada banyak macam alat kesehatan yang ada di Rumah Sakit, Klinik dan juga pusat layanan kesehatan umum lainnya. Saking banyaknya, kita hampir tidak bisa menyebutkan semuanya. Namun kita bisa mengelompokkan atau memberikan kategori pada beberapa jenis alat kesehatan.

Umumnya ada tiga jenis alat kesehatan yang ada di Rumah Sakit yaitu alat kesehatan Elektromedik, Non Elektromedik dan alat diagnostic in-vitro. Dan pada kesempatan ini, saya ingin berbagi informasi mengenai pengertian dan juga contoh alat – alat Elektromedik

Pengertian Alat Elektromedik

mengenal alat elektromedik di rumah sakit

Kalau anda mendengar istilah Elektro, apa yang tergambar di dalam benak anda ? Tentunya sesuatu yang berhubungan dengan listrik. Sama, elektromedik, merupakan alat kesehatan yang mengandung unsur listrik. Dengan kata lain, alat – alat kesehatan yang dalam proses penggunaanya membutuhkan tenaga listrik.

Contoh alat – alat Elektromedik

1. EKG

Ada banyak sekali contoh alat elektromedik yang ada di Rumah Sakit dan Klinik. Salah satu contohnya yaitu EKG atau ECG. EKG (Elektrokardiograf) merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk menganalisa kelainan aritma jantung. Alat ini cukup banyak dipasaran, umumnya semua toko alat kesehatan jual alat ekg dengan spesifikasi yang serupa dengan beberapa merk yang berbeda.

2. Defibrillator

Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui detail alat ini. Tapi ada juga yang belum mengetahuinya. Defibrillator merupakan alat medis yang berfungsi untuk mengembalikan aritma jantung yang tidak normal. Biasanya, hal ini terjadi karena banyak faktor seperti kecelakaan, tenggelam dan juga karena serangan jantung mendadak.

3. USG

USG ( Ultrasonografi) merupakan alat diagnostic yang termasuk juga dalam alat elektromedik karena alat ini membutuhkan tenaga listrik dalam pengoperasiannya. USG biasanya digunakan untuk melihat atau mencitrakan organ dalam tubuh manusia seperti lambung, liver, usus dan juga untuk pemeriksaan janin dalam kandungan. USG bekerja dengan gelombang suara ultra sehingga relatif aman.

Selain alat – alat elektromedik, ada dua jenis alat lainnya yaitu alat non elektromedik dan alat diagnostic in vitro. Anda bisa menemukan pengertian dan contohnya sendiri dari berbagai macam sumber.