Mengapa Turkish Bow Menjadi Busur Panah Yang Paling Digemari Umat Islam?

Alasan sederhana dari pertanyaan mengenai Turkish Bow, busur panah yang paling digemari umat Islam adalah mungkin berasal dari salah satu hadits Rasul yang isinya menyatakan bahwa busur yang dibuat oleh kaum Persia merupakan salah satu jenis busur yang sangat baik untuk digunakan khususnya bila digunakan untuk kegiatan yang bersumber kepada Allah swt. Rasulullah menyatakan bahwa terdapat dua jenis busur yang sangat baik untuk digunakan yakni busur Arab dan busur Persia. Bisa jadi dari sanalah kegemaran masyarakat Muslim untuk menjadikan busur Turkish ini sebagian sebuah pilihan favorit. Lantas adakah hal yang mendasari pilihan tersebut? Berikut ini ulasan singkatnya.

Turkish Bow, Busur Persia, dan Busur Arab

Pada zaman dahulu, telah dikenal busur – busur yang memang dibuat dengan konstruksi yang kuat dan kokoh seperti yang ada pada busur Arab dan Persia. Busur ini disebut dengan busur tradisional karena konstruksinya yang sederhana namun mampu memberikan kecepatan daya serta kekuatan yang mumpuni. Dibandingkan dengan busur tradisional Arab yang memiliki dua jenis utama yakni busur Hijazi dan busur Komposit Arab, busur Persia hanya memiliki satu jenis model saat itu. Busur Persia dikenal memiliki kompisisi konstruksi bentuk yang kokoh yang terbuat dari bahan kayu atau tanduk, dan bahkan otot atau sinew.

Jenis busur ini yang kemudian sering dimiripkan dengan Turkish Bow, busur panah yang paling digemari umat Islam dibuat berdasarkan 3 konstruksi utama yakni bagian siyah atau dikenal sebagai sisi ujung busur yang menjadi tempat untuk mengikat tali, lalu bagian dustar atau disebut sebagai bagian inti yakni lengan busur, dan yang terakhir adalah bagian gagang. Saat ini, model yang ada pada Turkish Bow telah berkembang. Jenis busur panah modern pun mulai banyak bermunculan. Setidaknya ada dua jenis model modern yang ada pada model busur Turkish seperti ini.

Model tersebut yaitu TRH Laminated Turkish dan Composite Turkish. Berat dan kekuatan tarikan dari busur ini berkisar pada angka 25 pon hingga 120 pon dari segi kekuatan. Sedangkan dari segi berat berkisar pada angka 55 hingga 90 pon. Model Turkish Bow, busur panah yang paling digemari umat Islam dilandasi oleh beberapa alasan diantaranya adalah kecepatan daya tarik yang diberikan ketika panah dilontarkan, kekuatan busur yang kokoh, dan beberapa hal lainnya. Oleh karena itu, busur ini menjadi busur dengan model tradisional yang paling banyak menarik perhatian dan menjadi model paling favorit oleh sebagian besar orang khususnya rata – rata oleh kaum Muslimin.