Tips Cara Naik Bus Antar Kota Antar Propinsi

Tetapkan maksud serta rute yang ingin ditempuh. Bila butuh tetapkan juga armada bus yang rekan2 yakin untuk mengantar ke tempat maksud. Tentukan juga armada bus yang seumpamanya mempunyai reputasi bagus di mata orang-orang. Bus yang bagus umumnya mempunyai armada yang banyak serta dalam keadaan baru.
Pesan ticket bus antarkota/bus malam dengan segera dari agen paling dekat terlebih untuk yang membawa barang bawaan yang cukup banyak. Ini untuk mempermudah kita dalam perjalanan serta tanpa ada rasa was was oleh calo atau preman di terminal.
Bila memanglah sangat terpaksa untuk pesan ticket ke terminal pilih2 terminal yang sangkanya aman, tersebut disini posisi terminal yang aman :
Terminal Rawamangun. Di terminal ini banyak armada yang melayani bus maksud Jawa serta Sumatera untuk keberangkatan sore serta malam hari, terminal ini adalah terminal yang paling aman di Jakarta. Di sini penumpang masih tetap diperlakukan dengan manusiawi, tak ada calo yang maksa untuk beli tiketnya. Tetapi baiknya rekanan –rekan tetep waspada pada porter yang berada di terminal itu.
Terminal Lebak Bulus. Sekarang ini terminal Lebak Bulus tengah dibongkar untuk pembangunan MRT, tetapi tetap masih dipakai untuk melayani pemberangkatan bus AKAP maksud Sumatera serta Jawa untuk keberangkatan pagi sampek malam. Sepintas terminal ini masih tetap aman buat calon penumpang, cuma saja bila anda masuk ke terminal ini saat ditawari calo tolaklah dengan halus, Insya Allah calo itu akan tidak maksa serta belilah ticket ke agen yang berada di terminal itu dengan crew yang mengenakan seragam resmi serta tetaplah hati-hati. PO Haryanto di terminal Lebak Bulus
Terminal Kampung Rambutan. Terminal ini melayani keberangkatan ke Jawa Barat serta Jawa Tengah. Tetapi terminal ini kurang aman karna banyak calo yang masih tetap memaksa penumpang.
Terminal Pulogadung. Bila bicara terminal Pulogadung ini terbesit kata calo serta preman dalam fikiran kita. Iya benar, memanglah terminal Pulogadung sekarang ini banyak tindak kejahatan baik percaloan ataupun premanisme apabila rekan2 sangat terpaksa melancong lewat terminal ini baiknya ekstra siaga. Sediakan mental untuk hadapi calo yang maksa untuk beli tiketnya dengan harga yang berlipat ganda, tolaklah dengan halus atau katakan saja ingin ke toilet atau ke musholla dulu. Bila butuh telponlah petugas agen/crew resmi yang anda tentukan yang berada di teminal untuk menjemput anda ditempat yang sangkanya aman atau di musholla. Berlakulah tenang serta hati-hati dengan orang yang baru atau belum juga anda kenal janganlah yakin demikian saja.
Bila melancong janganlah menggunakan perhiasan, ini yg tidak kalah perlu terlebih kaum wanita. Di sini kita juga akan melancong dengan hadapi bahaya yang berada di sekitaran kita bukannya mejeng pamer harta kekayaan. Bila ingin mejeng terminal bukanlah tempatnya. Jikalau anda tetaplah mejeng jadi juga akan jadi mangsa yang empuk buat tindak kejahatan.
Serta yang paling akhir adalah berdoa kunci intinya. Berdoa pada Allah supaya kita selalu di beri keselamatan serta keringanan.